Sederet prestasi berhasil Mochtar Mohamad persembahkan selama menjabat sebagai Wali Kota Bekasi. Salah satunya yakni diraihnya rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) pada tahun 2008.

Saat itu, Kota Bekasi diganjar rekor karena berhasil mendirikan 617 kantin kejujuran di sekolah-sekolah yang ada di Kota Bekasi.

Jumlah tersebut, merupakan jumlah kantin kejujuran terbanyak se-Indonesia.

Adapun pemberian gelar tersebut diberikan oleh Yusuf Gadri selaku perwakilan dari Muri kepada Mochtar Mohamad yang waktu itu menjabat Wali Kota Bekasi.

Bertempat di SMA Negeri 1 Kota Bekasi, tepatnya pada 28 Oktober 2008 atau bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda penghargaan tersebut diberikan.

Menurut Mochtar Mohamad, ide mendirikan kantin kejujuran itu diawali dari keinginannya menanamkan nilai-nilai kejujuran dari sedini mungkin.

Ia ingin, kantin kejujuran menjadi kawah chandradimuka untuk menggodok nilai kejujuran dalam diri generasi muda.

“Niatnya cuma satu, bagaimana kejujuran tertanam dari usia dini,” kata dia.

Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi saat itu, Ali Mukartono yang memantau langsung kondisi kantin kejujuran di SMAN 1 Kota Bekasi mengapresiasi positif apa yang dilakukan di sekolah ini.

“Yang ada di Kejaksaan pun tak berjalan efektif. Apa yang diperlihatkan siswa sekolah ini sungguh mengagumkan,” katanya.(TIM)